Jumat, 25 Juli 2008

4.142 KK Terpencil Nikmati Listrik

Kamis, 12-06-2008

ENREKANG, BKM -- Program teknologi mandiri melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) pemerintah Kabupaten Enrekang sejak tahun 2006, masyarakat dapat menikmati. Pasalnya, beberapa daerah yang belum terjangkau jaringan listrik dari PLN, sudah dapat penerangan dari PLTMH tersebut.
Data tahun 2004 yang lalu, di Kabupaten Enrekang terdapat 5.158 kepala keluarga (KK) yang belum mendapat penerangan listrik. Namun karena adanya program tehnologi mandiri ini, sebanyak 4.142 KK telah menikmati penerangan dari PLTMH. Artinya, awal tahun 2008, sisa 1.016 KK yang belum tersentuh penerangan listrik.
Bahkan, Pemkab Enrekang, beberapa bulan lalu kembali meresmikan PLTMH di Desa Baringin Kecamatan Maiwa. Setelah meresmikan pembangunan PLTMH di lima desa yang terletak di Kecamatan Bungin.
Desa Latimojong dan Desa Tallang Rilau yang letaknya sangat jauh dari ibukota kecamatan. Apalagi di kabupaten juga telah dibangun PLTMH sebagai alat penerangan.
Selain itu, pemerintah daerah juga telah mengembangkan program penggunaan biogas pedesaan yang awal pelaksanaannya di Kecamatan Maiwa dan Anggeraja serta Curio. Namun kini telah meluas hingga ke kecamatan lainnya. Misalnya, di Kecamatan Cendana, Enrekang dan Baraka.
Hasil dari program biogas ini, telah menghasilkan 34 instalasi dengan tiga unit generator biogas yang berkapasitas 500 waat. Biogas yang bahan utamanya terbuat dari kotoran sapi ini, dapat digunakan sebagai pengganti minyak tanah. Bukan itu saja, biogas ini juga dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. (K14/mit)

sumber : http://www.beritakotamakassar.com/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

minta penjelasan lengkap dong tentang PLTMH bungin,enrekang
kalau perlu sama fotonya

makasi admin